Posted by: panitiahutri013 | June 23, 2008

Cari-cari yang pas…!

Jumat malem, 20 Juni 2008 Panitia HUT ke-63 Republik Indonesia RW 013 kumpul-kumpul lagi di cafe RT 008/013. Kali ini agendanya mau bahas anggaran, susunan panitia dan jadwal kegiatan. Jam 20.00 WIB Pak Tatang selaku Sekretaris Panitia langsung ngebuka rapatnya. Tapi sayangnya acara aga’ kesendat sedikit karna proposalnya belum dateng (lagi di fotocopy). Kekosongan itu langsung diisi untuk ngebahas agenda lain seperti masalah konsumsi tuk kegiatan yang direncanain. Kabetulan PKK RW 013 (diwakili Ibu Tjik Jan Tjik & Ibu Marsirun) juga diundang and dah dateng diantara semua yang hadir.

Pas agenda pembahasan konsumsi dah selesai dan PKK RW dah pamitan mau pulang, Mas Kelik sama Mas Widi (yang ditugasin fotocopy proposal) dateng juga. Selepas kepergian Ibu-Ibu PKK, Pak RW langsung aja membahas isi proposal (tentu aja dengan seizin Pak Hariyanto selaku Ketua Panitia). “Pada prinsipnya saya setuju dengan susunan acara yang direncanakan, namun mengenai anggarannya harus dibahas dahulu agar diketahui bersama dan disesuaikan dengan kondisi saat ini”.. Itu yang terucap dari mulut Pak RW pertama kali setelah selesai membaca proposal.

Jalannya pembahasan anggaran lumayan alot, maklum banyak kepentingan dari pada seksi (he.he.he… dari pada kurang, siapa yang mau nombokin..?). Point demi point dibahas, ada anggaran yang dikurangin tapi ada juga yang ditambah (sesuai komitmen Pak RW perihal kondisi saat ini). Dari mulai anggaran konsumsi turnamen catur yang dianggap ketinggian (tapi akhirnya disetujuin soal ternyata iti tuk 5 hari), sampe masalah anggaran seksi keamanan.

Tapi alotnya pembahasan anggaran ga’ bikin rapat jadi tegang, sering kali pertemuan itu diselingi dengan gelak tawa. Akhirnya dah bisa disimpulkan dan dihasilkan satu nilai nominal tuk ngejalanin semua rangkaian acara.. lumayan pusing juga seh…. Eeeh tiba-tiba Pak Budi Sumaryono san Bendahara Panitia angkat bicara : ” Kok udah dipotong-potong anggarannya malah jadi naik ya?”“Ya iya laaah Paaaak, kan yang tadinya anggaran santunan dan MTQ belum masuk sekarang dah dimasukin, jelas aja anggarannya jadi bengkak”… jawab hadirin serempak. “He..he..he..”, Pak Budi akhirnya senyum juga.

Karena malam dah semakin larut, akhirnya rapat ditutup juga oleh Pak Hariyanto. Semua Panitia merasa lega sebab satu fase yang cukup berat sudah dilalui meski anggaran yang direncanakan seharga dengan dua buah motor bebek keluaran terbaru… (ga’ apalaaaah… namanya juga buat negara)

Satu persatu meninggalkan tempat rapat, tinggal anak-anak FORKABI yang masih ngebahas ini itu. “Bola udah mulai… bola udah mulai… akhirnya anak-anak FORKABI juga pada ngibrit berlarian.


Responses

  1. Mo sharing aja nih, moga dibolehin yah..

    Waktu dulu aye jg pernah jd ketua panitia, duite kurang buat bikin acara puncak. Karena kebetulan di wilayah RW kita itu ada showroom BMW dan Resto Ayam Goreng Suharti, jd dulu kita panitia pny ide buat mintain sponsor ke mereka.

    Kita bikin proposal yg cakep. Kita tawarin ke mereka (dng sedikit pemaksaan tentu😀 bawa temen-temen yg mukanya sangar pake kaos item-item). Kita juga tawarin kalo mereka mau sponsorin, mereka boleh pasang spanduk atau umbul-umbul di lokasi acara selama semua acara 17-an berlangsung (di lapangan blok S)

    Untunglah mereka mau juga ngasih masing-masing 3juta. Belon nutupin sih, tapi lumayanlah buat nambahin.

    Sisa duit yg kurang kita cari dng cara jualan roti goreng (maklum warganya pd miskin jd ga bisa dimintain saweran😀
    Yg jaga roti goreng jg dapet uang lelah meski ga seberapa.
    Sementara tim satu jualan roti goreng, tim yang laen ngumpulin koran dan barang2 bekas dari warga buat dijual.

    Waktu itu Pak RW-nya kagak mau sama sekali ngeluarin kas, jadi semua biaya hrs dicari dgn kerja keras. Yah maklum, semua panitianya waktu itu berstatus pelajar dan mahasiswa, sebagian pengangguran, jd rada susah nyari duit, kudu berjuang dulu. Dan berkat pendekatan yg memelas, pak Lurah mau juga ngasih saweran pribadi 500 ribu..Hehehehe!

    Alhasil, duit buat acara ada.
    Dan, karena ditempat aye dulu sok birokrat (maklum kampung bgt sih!) pas acara puncak, kita ngundang pak Lurah, pak Dekel, pengurus PKK kelurahan, para ketua RT, para ketua RW, plus dijagain selusin hansip..dan ngundang juga perwakilan dari showroom BMW dan Ayam Goreng Suharti…iiih kalo diinget2 norak bgt dah! Mirip acara kelurahan! :))
    soale kalo ga diundang, bakalan ga diijinin bikin acara lagi besok-besok..hwakakakkkakak!

    Kalo disini syukurlah lbh enak krn selain warganya mampu saweran (kalo terpaksa), panitianya jg lbh berbobot, berpengalaman dan yahud!

  2. aduh mba Yana, maksih pengalamannya, tapi lain kali kalo nulis “yahud” ga’ usah pake tanda seru ya, ampir aja ane salah baca.

  3. iyyaa, berbobott kayakk kapall lautt, berpengalamann kayakkk dahh tuaa, yahud kayakk pitungggg kikkk nyambung gak sihhh

  4. Nah lho,ane terlambat nih diberitahu tentang ini blog.
    Tapi,oke juga.Yg penting ada kemajuan gitu,toh ga perlu cepat yg penting tepat dan bermanfaat bukan??
    Buat “Bung Tugis”,yg selalu setia jaga benteng di RW 013,ane cukup salut. “Terus bergerak Bung,ente (mungkin) tidak cuma sendiri,masih ada sisa2 yg lama”
    _salam_


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: